Flora

 

Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, merupakan salah satu bagian dari hutan hujan tropis yang terdapat di wilayah Nusa Tenggara barat yang terdiri dari berbagai tipe ekosistem dan vegetasi yang cukup lengkap mulai dari Hutan Tropis Dataran Rendah (Semi Evergreen) sampai Hutan Hujan Tropis Pegunungan (1.500 – 2.000 m dpl) yang masih utuh dan berbentuk hutan primer, hutan cemara dan vegetasi sub alpin (> 2.000 m dpl). Potensi kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani sangat kaya akan keanekaragaman hayati flora dan fauna serta fenomena alam yang dapat dijadikan sumber plasma nutfah dan keindahan alam, yang dapat di manfaatkan untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, penelitian dan wisata alam.

 
A. FLORA
 
1.   Ketinggian < 1.000 m dpl 
Terdapat jenis-jenis seperti Beringin, (Ficus benyamina), Jelateng (Laportea stimulan), Jambu- jambuan (Syzigium sp), Pala Hutan (Myritica fatna), Buni Hutan (Antdesma sp), Imba (Azadiractha indica), Bajur (Pterospermum javanicum), Randu Hutan (Gossampinus heptophylla), Terep (Artocarpus elastica), Harending (Melastoma sp), Pandan (Pandanus tectorius), Keruing Bunga (Dipterocrapus haseltii), Salam (Syzigium polyantha).
 
2.   Ketinggian 1.000 – 2.000 m dpl
Banyak dijumpai jenis tumbuhan seperti Anggrek (Vanda, sp.), Meniran (Calicarpa sp), Kayu Jakut (Syzigium sp),  Menang/Garu (Dysoxylum sp), Sentul (Aglaia sp), Deduren (Aglaia argentea), Pandan (Pandanus tectorius), Paku Pandan (Asplenium nidus), Glagah (Saccharum spontaneum), Alang-alang (Imperata cylindrica), Paku-pakuan (Cyclocorus sp), Bunga Abadi (Anaphalis viscida), Lumut Jenggot (Usnea sp)  dan Rotan Besar (Daemonorops sp). 
 

3.  Ketinggian >2.000 m dpl

Banyak didominasi oleh Cemara Gunung (Casuarina junghuhniana), Bunga Abadi (Anaphalis viscida), Bangsal (Engelhardia spicata),  Melela (Podocarpus vaccinium, Pacar Gunung (Vacinium caringiifolia),  Jambu-jambuan (Syzigium sp.) dan Raksasa (Photinia noniana). 

Pada ketinggian > 3.000 m dpl  dekat dengan puncak Rinjani keadaanya hampir gundul  dan tandus, tanah berpasir, berbatu sedangkan di bawah puncak banyak dijumpai rumput dan semak belukar yang mempunyai daun tebal serta cemara gunung yang tumbuh sporadis. 

    Ada beberapa lokasi Taman Nasional Gunung Rinjani yang  pernah direboisasi dengan jenis tanaman antara lain :  Suren (Toona sureni), Mahoni (Swietenia macrophylla King), Kemiri (Aleurites moluccana), Nangka (Artocarpus integra) dll. 

  Beberapa Jenis Flora endemik Nusa Tenggara yang ditemukan di kawasan ini antara lain  Vernonia albiflora, Vernonia tengwalii  dan beberapa jenis anggrek diantaranya Peristylus rintjaniensis dan Peristylus lombokensis (LIPI) .