Jumat, 02 Maret 2018 - 14:51:40 WIB
TNGR Melakukan Sosialisasi Forum Guide dan Porter
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Rinjani - Dibaca: 458 kali

Pada hari kamis tanggal 1/3/2018, sekitar 50 orang Warga dusun  Bawak Nao Desa Sajang Kecamatan Sembalun yang berprofesi sebagai guide dan porter berkumpul di Tempat Gedai Kopikey Dusun Barat  Desa Sembalun dalam rangka menghadiri pertemuan sosialisasi Forum Guide dan Porter. Pada  pertemuan tersebut di hadiri Fasilitator dan ketua penasehat koperasi JASWAR, Ketua Forum Guide dan Porter serta Hadir Juga Kepala Resort TNGR Sembalun, pertemuan tersebut merupakan kelanjutan dari beberapa pertemuan sebelumnya di Dusun Medas Desa Obel-Obel dan Dusun Dasan Bilok Desa Bilok Petung. 

Kegiatan acara ini dimulai ketika Juarman yang bertindak sebagai fasilitator membuka acara kegiatan,  selanjutnya disusul dengan sambutan yang disampaikan oleh kepala Resort Sembalun Taufikurrahman, dalam sambutannya kepala Resort Sembalun menjelaskan tentang status kawasan hutan TNGR yang dikelola berdasarkan zonasi serta mengajak semua elemen untuk menjaga kawasan Rinjani bebas dari sampah (zero rubbish ) agar tetap menjadi daya tarik wisata. Lebih lanjut kepala Resort Sembalun menyampaikan dan mensosialisasikan  UU No.05 thn 1990 dan UU 41 thn 1999 serta menegaskan tentang  perlunya suatu forum sebagai wahana dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan hutan dan mewujudkan pengelolaan wisata rinjani yang aman nyaman.   

kemudian sambutan selanjutnya disampaikan oleh Rijalul Fikri yang bertindak sebagai Fasilitator dan ketua penasehat koperasi JASWAR, dalam sambutannya disampaikan bahwa Gunung Rinjani merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional, disamping itu disampaikan juga beberapa hal yang berkaitan dengan teknis serta persyaratan menjadi anggota forum guide dan porter yang bekerjasama dengan koperasi JASWAR. Antusiasme warga sangat tinggi terlihat pada saat keseriusan mereka mendengar dan terlihat interaktif pada saat sesi diskusi.