Senin, 22 Januari 2018 - 10:50:00 WIB
Kegiatan Sosialisasi Rencana Relokasi Pedagang di Areal Usaha PT. Joben Evergreen
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Rinjani - Dibaca: 250 kali

Mataram,22/01/2018- Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) melakukan kegiatan sosialisasi rencana relokasi pedagang di Areal usaha PT. Joben Evergreen. Kegiatan ini dilaksanakan hari Rabu tanggal 17 Januari 2018 bertempat di Aula ODTWA Otak Kokok Joben. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri muspika Camat Montong Gading, kepala Dinas Bapedda Kabupaten Lombok Timur, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur, BTNGR, Kapolsek Montong Gading, Danramil Terara, Kepala Desa Pesanggrahan, Kepala Desa Pringga Jurang Utara, tokoh masyarakat Joben, PT. JEG dan Pedagang.

 Kegiatan ini merupakan upaya fasilitasi dan mediasi antara pemegang IUPSWA PT. JEG dengan para pedagang untuk memperoleh kesepakatan terkait relokasi pedagang di areal Usaha PT. JEG di Zona Pemanfaatan Resort Joben SPW. Dalam sosialisasi tersebut dilanjutkan dengan forum diskusi yang menghasilkan beberapa kesimpulan seperti ada daerah wisata utama di Lombok timur, Otak Kokok Joben perlu ditata agar tidak terkesan kumuh dan jorok dan Perlunya koordinasi serta kerjasama dalam pengembangan destinasi wisata dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.  Salah satu tokoh masyarakat menyatakan dengan adanya aktivitas dagang di areal wisata membuat beberapa sawah masyarakat dipenuhi oleh sampah.

Lebih lanjut dalam diskusi tersebut menyatakan bahwa para pedagang siap untuk direlokasi dengan syarat tidak ada perbedaan perlakuan bagi semua pedagang. Pemda Lombok Timur melalui Dinas Pariwisata akan mengucurkan 6 program untuk ODTWA Otak Kokok Joben di tahun 2018. Pemkab telah membangun beberapa unit lapak di areal parkir. Pemkab lombok Timur diwakili Camat berpesan meminta seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan untuk kepentingan kita bersama.