Senin, 20 November 2017 - 08:45:44 WIB
FGD Lanjutan Penanganan Sampah TNGR
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Sampah - Dibaca: 112 kali

Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) mengadakan kegiatan FGD ( forum discussion group) penyusunan masterplan pengelolaan sampah TNGR. Masterplan pengelolaan sampah TNGR disusun guna menangani permasalahan sampah di kawasan TNGR serta untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan wisatawan selain itu juga sebagai bagian dari Role model TNGR.  Kegiatan Pnyusunan masterplan telah dilakukan mulai bulan Juli 2017. Selanjutnya dalam rangka memperoleh masukan dari pelaku wisata dan stakeholder di tingkat tapak, maka dilakukan FGD di Senaru (SPW I) dan Sembalun (SPW II).

 Kegiatan FGD ini dilaksanakan dilaksanakan dua kali. Kegiatan pertama dilakukan hari Kamis tanggal 16 November 2017 di Aula Kantor Resort Senaru yang dihadiri 25 peserta  yang terdiri dari Ketua Forum Citra Wisata Rinjani,  perwakilan Porter, Guide, Trek Operator, Satgas Rinjani Bersih, Pemerintah Desa dan Kecamatan, Polsek Bayan, dan Kelompok Pecinta alam Duta Wana Senaru.  Sedangkan kegiatan FGD kedua dilakukan hari Jumat tanggal 17 November 2017 di Pusat Informasi Resort Sembalun dan dihadiri sejumlah 30 org peserta yang terdiri dari Sekretaris Forum Citra Wisata Rinjani,  perwakilan Forum Porter Guide Sembalun, Trekking Operator, Satgas Rinjani Bersih, Pemerintah Desa, Polsek Sembalun dan Klp Pecinta alam Sabda Alam dan Sembapala serta staff Resort Sembalun  balai TNGR.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah dua orang Tim Ahli yang berasal dari Universitas Mataram  Indriyatno dan Maiser Syaputra. Kegiatan dimoderatori oleh Muhammad Faisyal MY (PEH Balai TNGR). Pada kegiatan ini disampaikan draft Masterplan yang telah disusun dan slanjutnya dilakukan diskusi untuk mendapatkan masukan, tanggapan dan saran untuk penyusunan dokumen masterplan.