Sabtu, 28 Oktober 2017 - 14:20:31 WIB
Penyerahan Bantuan Ternak Kambing Oleh BTNGR Kepada Desa Binaan Kawasan Konservasi
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Rinjani - Dibaca: 148 kali

Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) melakukan kegiatan penyerahan Bantuan Desa Binaan Kawasan Konservasi tahun 2017 pada Desa Lenek Duren berupa ternak kambing. Desa Lenek Duren Kec. Aikmel Kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu desa binaan Balai TN. Gunung Rinjani. Bantuan yang diberikan pada tahun ini merupakan bantuan yang diberikan oleg BTNGR untuk kedua kalinya bagi masyarakat Desa Lenek Duren dimana sebelumnya pada tahun 2015 telah diberikan bantuan berupa bibit tumbuhan buah.

Bantuan desa binaan ini merupakan bantuan ekonomi produktif yang diberikan dan merupakan bagian dari RKL desa Binaan Lenek Duren. Sasaran bantuan ini adalah anggota Gapoktan Lereng Rinjani Desa Lenek Duren. Pemberian bantuan dilaksanakan hari Sabtu tgl 28 Oktober 2017 bertempat di Kantor Desa Lenek duren. Bantuan yang diberikan berupa ternak Kambing sejumlah 18 ekor dengan rincian 15 ekor betina dan 3 ekor jantan. Penyerahan bantuan kambing secara simbolis diberikan oleh Eko Pranoto sebagai Kepala Seksi Pengelolaan Wilayah II kepada kepala desa Lenek Duren dan Ketua Gapoktan Lereng Rinjani (kesumawadi). Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Penyerahan bantuan.

Pada sambutannya Kepala SPW II menyebutkan bahwa bantuan ini merupakan tahap kedua setelah bantuan bibit buah-buahan pada tahun 2015, selain itu pada tahun 2016 telah diberikan bantuan baik melalui swadaya pendamping, WWF indonesia (bantuan stup lebah madu trigona) dan dari Pemkab Lombok Timur. Dengan adanya bantuan ini kami berharap masyarakat menjaga kelestarian kawasan dan memanfaatkan HHBk secara lestari sesuai dengan aturan. Balai TNGR mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin baik dengan Pemerintah Desa dan Masyarakat Lenek Duren. Dalam kesempatan lainnya Kepala Desa Lenek duren berpesan agar bantuan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan mari kita membantu Pihak TNGR menjaga kelestarian hutan. Sedangkan Ketua Gapoktan menyampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya pada Kementerian LHK BTNGR atas perhatian dan bantuannya dan berharap bantuan ditahun-rahun berikutnys bisa lebih ditingkatkan.