Rabu, 16 Agustus 2017 - 11:29:16 WIB
TNGR Menetapkan Jalur Khusus untuk Bersepeda Gunung di Kawasan Pendakian
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Rinjani - Dibaca: 692 kali

Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) menetapkan jalur khusus bersepeda untuk dua lokasi yaitu jalur Sembalun dan Timbanuh dengan diterbitkannya Keputusan Kepala Balai TNGR Nomor SK.772/T.39/TU/KSA/6/2017 tanggal 22 Juni 2017 Tentang Penetapan Jalur Khusus Sepeda Gunung di Sembalun TNGR Provinsi NTB.

Pengajuan jalur khusus bersepeda dilakukan atas permohonan beberapa komunitas sepeda diantaranya Komunitas Tinjal Pedal, Rinjani Enduro Challenge Community dan lembaga pemerhati seni dan budaya desa Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur.

Jalur sepeda gunung di Sembalun memiliki panjang trek 13.7 km yang dimulai dari pintu gerbang pendakian Sembalun-Pos 1- Pos 2- Pemantauan Sajang/Mangku Sakti (down hill). Sedangkan untuk jalur sepeda Timbanuh memiliki jalur trek sepanjang 3.5 Km namun masih dalam proses penetapan dan hasil survey oleh komunitas sepeda NTB, penggunaan jalur sepeda Timbanuh ini dilakukan setelah ada penataan jalur, pemasangan rambu-rambu dan tidak boleh tumpang tindih dengan jalur pendakian (pejalan kaki).