Selasa, 01 Agustus 2017 - 12:12:40 WIB
Focus Group Discussion (FGD) Implementasi Peraturan Bersama 6 Kepala Desa Wilayah Resort Joben
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Rinjani - Dibaca: 272 kali

Pada hari ini, Selasa tanggal 1 Agustus 2017 bertempat di Kantor Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) diadakan FGD tentang Implementasi Peraturan Bersama Enam Kepala Desa Wilayah Resort Joben yang diikuti sekitar 29 peserta berasal dari WWF, Masyarakat Mitra Polhut dan enam Kepala Desa, bertindak sebagai narasumber dalam FGD tersebut Kepala Sub Bagian Tata Usaha TNGR sebagai perwakilan Kepala Balai TNGR, perwakilan WWF-Indonesia NTB, Kepala Desa Pesanggrahan dan Bagus Aryawa sebagai fasilitator. Adapun poin dari FGD tersebut adalah pemberian akses kepada masyarakat serta mengenai peluang kerjasama Balai TNGR dengan 6 pemerintah desa sekitar lingkar kawasan dalam rangka efektivitas pengelolaan Kawasan TNGR. FGD ini difasilitasi oleh WWF Indonesia NTB.  

Perlu diketahui bahwa pada tahun 2015, enam kepala desa yaitu Kepala Desa Jenggik Utara, Perian, Pesanggrahan, Tetebatu Utara, Tetebatu Selatan, dan Pringgajurang Utara telah menandatangani Peraturan Bersama Kepala Desa tentang Peran Serta Masyarakat dalam Pemanfaatan dan Pelestarian Hutan di Taman Nasional Gunung Rinjani Resort Joben. Sebagai implementasi peraturan bersama tersebut  disusun rencana kerja, namun demikian hasil yang dicapai belum maksimal dalam menunjang pemanfaatan dan pelestarian hutan di resort Joben seperti yang direncanakan. Oleh karenanya diperlukan FGD untuk memetakan kembali rencana kerja yang telah disepakati dan merumuskan langkah bersama pelaksanaan rencana kerja tersebut.

Adapun hasil yang diharapkan dalam FGD ini yaitu teridentifikasinya faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pelaksanaan peraturan bersama, dibahas dan disepakatinya rencana operasionalisasi serta terjadinya rencana kongkrit 6 bulan pertama untuk implementasi peraturan bersama. FGD ini berjalan dengan lancar dan akan berakhir pada pukul 16.45 WITA.