Sabtu, 29 April 2017 - 09:37:53 WIB
Pendaki Meninggal di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Rinjani - Dibaca: 886 kali

Taufik Budi Prasetyo (23) mahasiswa asal Jomblang Mulyodadi Blipuro Bantul D.I Yogyakarta ditemukan meninggal tenggelam di pemandian air panas Aik Kalaq sekitar Danau Segara Anak Gunung Rinjani Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat, Minggu (23/4/2017) sekitar pukul 10.00 WITA. Korban ditemukan tewas setelah tiga jam hilang dalam pemandian Aik Kalaq, Adapun kronologisnya korban mendaki lewat pintu pendakian Sembalun pada hari jumat tanggal 21 April 2017 bersama dengan dua orang temannya Muhammad Ali S (21) dan Setyo Teguh Nugroho (22) keduanya asal Bogor Jawa Barat.

Pada hari minggu tanggal 23 April 2017 sekitar pukul 07.30 WITA korban bersama Muhammad Ali S datang ke mata air untuk mengambil air, keduanya bermaksud untuk mandi, Muhammad Ali S menyarankan untuk mandi dilokasi air yang berada diatas Aiq Kalaq karena dianggap ramai, namun korban tetap mandi di Aiq Kalaq sementara Muhammad Ali S menaruh air diatas bukit ( jarak TKP dengan tempat menaruh air sekitar 20 meter ) setelah kembali ke lokasi pemandian Muhammad Ali S tidak melihat korban berada di tempatnya kemudian dia mencari bantuan kearah BaseCamp dan bertemu pendaki lain yang bernama Jalil. Setelah mendapat informasi tentang adanya pendaki yang tenggelam, Tim Penyelamat dari BTNGR bersama Edelweis Medical Help Center (EMHC) langsung melakukan evakuasi .

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Mustafa Imran Lubis mengimbau kepada pengunjung agar berhati-hati ketika melakukan pendakian dan diharapkan untuk mengikuti standar operasional prosedur (SOP) pendakian yang telah ditetapkan.