Kamis, 05 Maret 2020 - 13:04:07 WIB
Anggota Komisi IV DPR RI Wajib Mengunjungi Taman Nasional
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 184 kali

Itulah sepenggal kalimat pernyataan yang disampaikan oleh Ketua Komisi IV DPR RI saat melakukan kunjungan kerja di Resort Sembalun, SPW II, Balai TN Gunung Rinjani pada hari Senin/2 Maret 2020.

Ketua Komisi IV DPR RI beserta rombongan dengan didampingi oleh Dirjen KSDAE tiba di kantor resort Sembalun pukul 10.00 WITA dan disambut oleh segenap jajaran pimpinan dan staf UPT KLHK di provinsi NTB, pemerintah daerah Provinsi NTB, pemerintah kabupaten Lombok Timur maupun masyarakat Lombok. Selain itu, pada saat penyambutan juga dilakukan pemasangan "SAPUQ" oleh Wakil Bupati Lombok Timur, Ketua Masyarakat Adat Sembalun dan Kepala SPW II BTNGR kepada Ketua Komisi IV DPR-RI, perwakilan anggota Komisi IV DPR-RI dan Dirjen KSDAE.

Acara diawali dengan pemaparan Kepala Balai TNGR mengenai potensi keanekaragaman hayati, pengelolaan wisata pendakian dan beberapa hal penting yang menjadi fokus Taman Nasional Gunung Rinjani.

Ketua Komisi IV DPR RI menyampaikan bahwa pengelola taman nasional wajib membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat dan pemerintah kabupaten serta menciptakan hubungan yang harmonis. Ketua Komisi IV DPR RI juga menegaskan komitmen Komisi IV DPR RI untuk memberikan dukungan anggaran kepada Ditjen KSDAE sebesar 15 Milyar. Anggota komisi IV DPR RI asal NTB juga berkomitmen untuk menjadikan TN Gunung Rinjani sebagai destinasi wisata utama dan mengawal anggaran untuk taman nasional sehingga dapat terwujud pengelolaan taman nasional yang berkualitas dan berkelanjutan serta tidak terganggu oleh adanya destinasi wisata baru.

Dirjen KSDAE juga mengucapkan rasa terima kasih atas kunjungan dan dukungan komisi IV DPR-RI ke Taman Nasional. Semua unsur masyarakat harus mendapatkan manfaat dari keberadaanTaman Nasional. Masyarakat juga diharapkan ikut berperan dalam menjaga kelestarian hutan Taman Nasional dengan tidak melakukan penebangan pohon dan perburuan liar.

Acara dilanjutkan dengan dialog bersama masyarakat yang hadir pada acara tersebut. Di akhir acara, Dirjen KSDAE menyerahkan plakat kepada Ketua Komisi IV DPR RI dan Ketua Komisi IV DPR RI kepada Kepala Balai TNGR. Sebelum meninggalkan lokasi rombongan Komisi IV DPR RI, Wakil Bupati Lombok Timur dan Dirjen KSDAE melakukan penanaman bibit Ketapang Kencana, Klokos, Nangka, Alpukat dan Salam di halaman Kantor Resort Sembalun.


Informasi Terkait
  • Konsep Heli Tourism dan Rencana Penyediaan Sarana Wisata Alam di Taman Nasional Gunung Rinjani
  • Wajah Baru Resort Sembalun Komitmen BTNGR Untuk Kesuksesan Pembangunan Lombok Timur
  • Kereta Gantung Rinjani
  • Perkuat Silaturahmi Dan Komunikasi Internal Melalui Pembinaan Pegawai
  • Kado Indah Awal Tahun 2020