Rabu, 18 Mei 2016 - 13:25:37 WIB
Menyongsong Rinjani menjadi Geopark Dunia
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Rinjani - Dibaca: 825 kali

Upaya menjadikan kawasan Rinjani menjadi Geopark Dunia tinggal selangkah lagi, dengan kedatangan dua orang assesor dari UNESCO yang akan melakukan penilaian pada hari ini, Rabu 18 Mei 2016. Kedua assesor tersebut adalah Maurizi Burlando dari Italia dan Soo Jaee Lee yang berasal dari Korea Selatan.

Mereka akan melakukan penilaian pertama kali di Desa Aik Berik Kabupaten Lombok Tengah tepatnya  di Air Terjun Sendang Gile dan Air terjun Benang Stokel, kemudian dilanjutkan di Desa Sembalun Kabupaten Lombok Timur dan terakhir di Desa Senaru Kabupaten Lombok Utara.

Lolos  tidaknya Kawasan Rinjani menjadi Geopark Dunia tergantung dari hasil penilaian kedua assesor tersebut, penilaian akan dilakukan dari segala aspek. baik itu dilihat dari ketersediaan sarana dan prasarana, Sumber Daya Manusia yang ada, dan tentu saja kebersihan Kawasan yang ada.

Taman Nasional Gunung Rinjani sebagai ikon utama dari Geopark Kawasan Rinjani telah melakukan berbagai upaya agar hajat besar ini dapat kita raih. Namun demikian kepedulian dan keterlibatan berbagai pihak dalam menjaga Taman Nasional Gunung Rinjani tentu akan sangat membantu meraih Predikat Kawasan Rinjani menjadi Geopark Dunia.