Jumat, 20 Desember 2019 - 20:43:54 WIB
Perencanaan dan Pengelolaan TNGR Melalui Kearifan Lokal Sembek
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 74 kali

Balai TN Gunung Rinjani (BTNGR) mengadakan rapat koordinasi bersama Bappeda Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara ( KLU), komunitas adat, Pelaku Wisata Pendakian (Asosiasi TO, Guide dan Porter) terkait kesepahaman untuk melibatkan kearifan lokal dalam perencanaan dan pengelolaan Taman Nasional Gunung Rinjani dengan rencana penerapan Ritual Sembek pada kegiatan pendakian Gunung Rinjani . rapat koordinasi ini diadakan di Hotel Restauran Sinar Rinjani Senaru pada hari Kamis, tanggal 19 Desember 2019.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang diinisiasi  oleh Bappeda KLU, BTNGR dan Komunitas Adat di KLU untuk memberlakukan kembali tradisi masyarakat adat sasak dalam prosesi Sembek. Sebagai informasi Sembek Ritual penandaan bagi tamu yg memasuki kawasan dari masy adat. Para peserta dari berbagai instansi dan komunitas yang hadir semuanya sepakat untuk merealisasikan ritual ini dan akan ditindaklanjuti dengan pertemuan lebih teknis untuk prosedur (SOP) dalam penerapannya. Selain kearifan lokal kegiatan ini juga memiliki tujuan untuk peningkatan kerjasama dan dukungan antar pihak dalam pengelolaan Rinjani  dan untuk menguatkan Gunung Rinjani sebagai salah satu warisan UNESCO dimana sektor kebudayaan dan sektor lain kian bersinergi.

Penerapan Sembek bagi pendaki  ini diharapkan dapat mengedukasi para pendaki tentang pentingnya penghormatan terhadap alam, menjaga kebersihan, keamanan dan kesucian alam agar tetap terjaga dan lestari. Lebih lanjut para peserta yang hadir berdiskusi Dalam mensinerjikan pengelolaan Sampah di Gunung Rinjani yg merupakan isu cukup aktual dengan menyambungkan simpul-simpul aktivitas komunitas pemuda adat Karang Bajo yang siap mendukung BTNGR, Kader Posyandu Senaru yg telah mencoba menerapkan Bank Sampah dan pemanfaatan sampah melalui kerajinan dan Ecobrick. Pada akhir pertemuan  dilakukan penandatanganan berita acara kesepakatan para pihak tentang pemberlakuan Sembek Burak, Semoga upaya penguatan pengelolaan Gunung Rinjani melalui peran serta kebudayaan kian signifikan kontribusinya.


Informasi Terkait
  • Kemitraan Konservasi BTNGR dengan Kelompok Tani Masyarakat dalam Pemanfaatan HHBK
  • Apa Kabar Hutan NTB
  • Rapat Koordinasi Penyelesaian Masalah PKTI Di Hutan Pesugulan
  • Saka Wanabhakti Dan Saka Kalpataru Ntb Pastikan Ikut Serta Pada Pertikawan Tahun 2019
  • Jalur Pendakian Di Taman Nasional Gunung Rinjani di Buka Kembali