Kamis, 17 Oktober 2019 - 08:48:05 WIB
Joben Ecopark; Wahana Mendekatkan Diri Dengan Alam dan Masyarakat Lokal Di Kaki Gunung Rinjani
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 105 kali

Ingin berwisata sekaligus menambah pengetahuan?? JOBEN ECOPARK mesti dimasukkan kedalam list destinasi anda, JOBEN ECOPARK merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika ingin merasakan pengalaman berbeda dalam berwisata. Wahana ini berlokasi di wilayah Resort Joben, SPW II, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur

Berbagai aktivitas dapat dilakukan mulai dari camping, outbond (wahana permainan air dan panahan), pendidikan konservasi (pengenalan Anggrek, Pembibitan Pohon, Pengenalan flora dan fauna, penanaman pohon/adopt tress), Soft Trekking (jelajah hutan), dan Birdwatching (pengamatan burung) di kawasan hutan Rinjani. Selain itu, pengunjung juga diajak untuk mengenal dan melihat secara langsung serta melakukan aktivitas masyarakat lokal dalam kegiatan pemanfaatan biogas, perikanan, pertanian serta kegiatan lainnya. Pengunjung dapat berbagi ilmu dengan masyarakat.

JOBEN ECOPARK dikelola dengan konsep kolaborasi dan Community Based Tourism (CBT) dimana petugas TN Gunung Rinjani bersama kelompok masyarakat yang berasal dari Dusun Lunggu (Desa Pesanggrahan) dan Dusun Galih (Desa Pringgajurang Utara) bersama-sama mengkoneksikan objek wisata yang ada di dalam kawasan hutan dengan objek wisata desa sehingga tercipta keharmonisan.
JOBEN ECOPARK merupakan cerminan bahwa kegiatan pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan hutan, kegiatan penyadartahuan masyarakat mengenai konservasi, maupun kegiatan pelestarian hutan dapat dilakukan secara bersamaan.


Informasi Terkait
  • Petugas TN Gunung Rinjani bersama Masyarakat Melakukan Pemadaman Kebakaran Hutan Rinjani
  • Perjuangan Tanpa Batas Dalam Menjaga Kawasan Hutan
  • Pembagian Bibit Pohon Kepada Masyarakat
  • Pembongkaran Gubuk Kerja dan Pembersihan Kawasan Hutan Gunung Rinjani.
  • Operasi Simpatik Revitalisasi Fungsi Hutan Pesugulan TN Gunung Rinjani.