Kamis, 10 Oktober 2019 - 10:27:39 WIB
Petugas TN Gunung Rinjani bersama Masyarakat Melakukan Pemadaman Kebakaran Hutan Rinjani
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kebakaran - Dibaca: 151 kali

Pada hari Jumat/04 Oktober 2019 sekitar pukul 11.00 WITA, petugas TN Gunung Rinjani pada Resort Kembang Kuning mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa telah terjadi kebakaran hutan di Lereng Puncak Selatan Rinjani. Masyarakat melihat adanya asap yang membumbung tinggi dari lokasi tempat tinggalnya di Desa Timbanuh.

Berdasarkan laporan tersebut, Petugas TN Gunung Rinjani segera berkoordinasi dengan masyarakat untuk melakukan pemadaman kebakaran. Tim gabungan pun dibentuk. Tim ini terdiri dari Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Petugas TN Gunung Rinjani yang berjumlah 10 orang dengan rincian 8 orang MPA Desa Timbanuh dan Desa Pengadangan serta 2 orang petugas TN Gunung Rinjani. Tim pun berangkat menuju lokasi kebakaran pada pukul 15.00 WITA.

Untuk sampai ke lokasi kebakaran, tim membutuhkan waktu yang cukup lama dikarenakan kondisi medan yang terjal dan sulit dilewati sehingga tim sampai di lokasi yang terbakar keesokan harinya Sabtu/05 Oktober 2019.

Saat tiba di lokasi kebakaran, tim segera melakukan pemadaman. Berkat usaha, doa dan kerja sama tim, api berhasil dipadamkan.

Berdasarkan hasil analisis, luas lokasi yang terbakar adalah sekitar 150 ha dengan vegetasi yang terbakar berupa rumput savanna, pohon Bak-bakan, Sentigi Gunung, Anggrek Gunung, Picanium, dan Pohon Cemara. Kebakaran diduga terjadi akibat aktivitas alam berupa pergesekan longsoran batu dari puncak Selatan Rinjani sehingga menimbulkan percikan api dan membakar rumput savanna.

Balai TN Gunung Rinjani memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas partisipasi semua pihak dalam kegiatan pemadaman kebakaran hutan ini. Terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan informasi mengenai kebakaran tersebut sehingga upaya pemadaman segera dapat dilakukan dan kebakaran hutan tidak meluas.
Waspada Kebakaran Hutan, Mari Gunakan Api Secara Bijak dan Terkendali Agar Hutan Bebas dari Kebakaran.

 


Informasi Terkait
  • Perjuangan Tanpa Batas Dalam Menjaga Kawasan Hutan
  • Pembagian Bibit Pohon Kepada Masyarakat
  • Pembongkaran Gubuk Kerja dan Pembersihan Kawasan Hutan Gunung Rinjani.
  • Operasi Simpatik Revitalisasi Fungsi Hutan Pesugulan TN Gunung Rinjani.
  • Penangkaran Rusa Desa Bebidas : Langkah Nyata Konservasi dan Pemberdayaan Masyarakat