Selasa, 08 Oktober 2019 - 07:32:33 WIB
Perjuangan Tanpa Batas Dalam Menjaga Kawasan Hutan
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 99 kali

Pasca penerobosan yang dilakukan oleh kelompok masyarakat ibu-ibu dan anak-anak di kawasan hutan Pesugulan TN Gunung Rinjani, Desa Bebidas, Kec.Wanasaba, Kab.Lombok Timur. Petugas piket jaga tetap menjalankan tugasnya, bermalam di lokasi, melakukan penjagaan dan pengamanan, patroli serta penyiraman bibit pohon.

Namun demikian, kelompok masyarakat tersebut juga kembali melanjutkan aksinya. Pada pukul 9.45 WITA kelompok ibu-ibu lainnya yang berjumlah sekitar 60 orang mulai berdatangan ke kawasan hutan Pesugulan dan bergabung bersama kelompok masyarakat yang telah bermalam pada hari sebelumnya. Mereka bersama-sama menyanyikan Lagu Garuda Pancasila dan kemudian merusak spanduk larangan masuk lokasi PKTI Hutan Pesugulan yang telah dipasang di pintu masuk. Mereka juga membongkar 1 pondok dan 1 tenda terpal yg ditempati oleh petugas.Barang- barang bongkaran dimasukkan secara bergantian oleh ibu-ibu ke mobil TNGR dan berharap penjagaan dibubarkan.


Meskipun begitu, petugas sempat mencegah ibu-ibu yang akan menurunkan Bendera Merah Putih. Petugas gabungan juga melakukan dialog untuk mencegah ibu-ibu merusak berugak yang dijadikan camp bermalam oleh personil BRIMOB Polda NTB. Kelompok masyarakat tersebut akhirnya bersedia untuk berdiskusi dengan Kepala Seksi Pengelolaan Wilayah II..Bapak Benediktus Rio Wibawanto.


Masyarakat dihimbau agar :


a.    Melakukan komunikasi dengan baik tanpa aksi anarkis
b.    Menyampaikan usulan maupun pertanyaan dalam kegiatan dialog para pihak yang akan dilaksanakan pada Hari Senin mendatang di Kantor Pemda Lombok Timur

Hingga saat ini, kelompok masyarakat masih tetap bertahan di dalam kawasan hutan Pesugulan. Demikian juga petugas. Tanpa kenal lelah, mulai kembali membangun tenda darurat, memperbaiki jaringan listrik dan air. Berkomitmen untuk tetap melakukan penjagaan dan pengamanan kawasan hutan Pesugulan. Ini bukan perkara siapa yang menang, siapa yang kalah, siapa yang bertahan, siapa yang akan keluar kawasan. Namun, ini adalah perjuangan tanpa batas dalam menjaga kawasan hutan demi keberlangsungan hidup masyarakat luas. 


Informasi Terkait
  • Pembagian Bibit Pohon Kepada Masyarakat
  • Pembongkaran Gubuk Kerja dan Pembersihan Kawasan Hutan Gunung Rinjani.
  • Operasi Simpatik Revitalisasi Fungsi Hutan Pesugulan TN Gunung Rinjani.
  • Penangkaran Rusa Desa Bebidas : Langkah Nyata Konservasi dan Pemberdayaan Masyarakat
  • Upaya Revitalisasi Fungsi Hutan Pesugulan Taman Nasional Gunung Rinjani