Kamis, 19 September 2019 - 10:57:31 WIB
Pembagian Bibit Pohon Kepada Masyarakat
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 70 kali

Kegiatan Revitalisasi Fungsi Kawasan PKTI Hutan Pesugulan TN Gunung Rinjani tidak hanya dilakukan dalam bentuk operasi simpatik dan penertiban namun juga melalui pembagian bibit pohon kepada masyarakat untuk ditanam di lahan milik. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu / 18 September 2019 di pos TNGR Pesugulan, Rumah Kadus Montong Kemong, dan Rumah Ketua Pokdarling Bebidas Lestari.

Jenis bibit yang dibagikan berjumlah 3500 bibit pohon MPTS yang terdiri dari jenis Alpukat 3.000 bibit, Durian 500 bibit dan Kelor 500 bibit. Sumber bibit MPTS berasal dari persemaian permanen Balai Pengelolaan DASHL Dodokan Moyosari Pringgabaya.

Masyarakat penerima bibit merupakan masyarakat desa penyangga sekitar lokasi PKTI Hutan Pesugulan yaitu dari Dusun Jurang Koak Desa Bebididas dan Dusun Montong Kemong Desa Sapit.
Pembagian bibit ini adalah bagian dari pemulihan ekosistem dan pemberdayaan masyarakat.

Melalui pembagian bibit ini diharapkan dapat menggugah kesadaran dan meningkatkan keterlibatan masyarakat untuk menanam pohon dan melestarikan hutan. Tuhan telah memberikan anugerah berupa air bersih dan udara segar secara gratis. Yang perlu kita lakukan hanyalah menjaga dan melestarikan hutan sebagai sumber penyedia air bersih dan udara segar.

Jangan sampai kita harus mengeluarkan uang hanya untuk membeli air bersih dan udara segar. Jangan sampai air bersih dan udara segar yang sekarang kita rasakan hanya tinggal sejarah yang akan kita ceritakan kepada anak cucu kita. Anak cucu kita juga berhak merasakan air bersih dan udara segar. Walaupun hanya menanam 1 pohon..namun akan memberikan pengaruh yang sangat besar bagi keberlangsungan hidup kita. Semangat menanam pohon.. Semangat melestarikan hutan.. 


Informasi Terkait
  • Pembongkaran Gubuk Kerja dan Pembersihan Kawasan Hutan Gunung Rinjani.
  • Operasi Simpatik Revitalisasi Fungsi Hutan Pesugulan TN Gunung Rinjani.
  • Penangkaran Rusa Desa Bebidas : Langkah Nyata Konservasi dan Pemberdayaan Masyarakat
  • Upaya Revitalisasi Fungsi Hutan Pesugulan Taman Nasional Gunung Rinjani
  • Peta Hutan Adat dan Wilayah Indikatif Hutan Adat Fase I