Selasa, 23 Juli 2019 - 15:00:18 WIB
Kerjasama Pembangunan Strategis Peningkatan Kualitas Jalan Nasional
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 78 kali

 

SIARAN PERS

Nomor : PG. 829/T.39/TU/HMS/7/2019

 

PENANDATANGANAN PERJANJIAN KERJASAMA

PEMBANGUNAN STRATEGIS YANG TIDAK DAPAT DIELAKKAN

DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS JALAN NASIONAL

RUAS JALAN BAYAN-SEMBALUN BUMBUNG

DI KAWASAN HUTAN SAJANG-BAWAK NAO DAN TAMAN BUNGA-SEBAU

DI TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI, KAB. LOMBOK TIMUR, PROVINSI NTB ANTARA BALAI TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI

DENGAN BALAI PELAKSANAAN JALAN NASIONAL IX MATARAM

 

  1. Pada Hari Senin Tanggal 22 Juli 2019 bertempat di Kantor Balai TN Gunung Rinjani telah dilaksanakan kegiatan penandatangan perjanjian kerja sama pembangunan strategis yang tidak dapat dielakkan dalam rangka peningkatan kualitas jalan nasional ruas jalan Bayan-Sembalun Bumbung di kawasan hutan Sajang-Bawak Nao dan Taman Bunga-Sebau di Taman Nasional Gunung Rinjani, Kab. Lombok Timur, Provinsi NTB.
  2. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Balai TN Gunung Rinjani, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional IX Mataram, Kepala Seksi Pembangunan Strategis Direktorat Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam, Kepala Balai KSDA NTB, Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB, Tim TP4D Kejati NTB, Staf Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi NTB BPJN IX Mataram, BPBD Provinsi NTB, Dinas LHK Provinsi NTB, Kodim 1615/Lotim dan staf Balai TN Gunung Rinjani.
  3. Susunan acara dimulai dari Pembukaan, Pembacaan Doa, Sambutan Kepala Balai TN Gunung Rinjani, Sambutan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional IX Mataram, Arahan Direktur Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam yang diwakili oleh Kepala Seksi Pembangunan Strategis, dan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama.
  4. Kepala Balai TN Gunung Rinjani dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya terhadap program pelebaran jalan. Program ini adalah salah satu upaya mendukung kegiatan pendakian Gunung Rinjani. Ruas jalan yang akan dilebarkan ini merupakan ruas jalan penting yang menjadi jalan penghubung ke destinasi wisata Sembalun yang merupakan salah satu pintu masuk pendakian utama di TN Gunung Rinjani. Ruas jalan ini selain menghubungkan Sembalun dengan Kota Selong dan Mataram juga menghubungkan Sembalun (kabupaten Lombok Timur) dengan Kabupaten Lombok Utara. Ucapan terima kasih disampaikan kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi dan membantu dalam penyusunan perjanjian kerja sama. Penandatanganan ini bukanlah akhir dari kerja sama yang dilakukan namun  merupakan langkah awal, ke depannya masih ada kewajiban yang harus dipenuhi sebagai komitmen dalam pelaksanaan PKS bagi pihak Balai Pelaksanaan Jalan IX Mataram maupun Balai TN Gunung Rinjani.
  5. Dalam arahannya Direktur PIKA yang diwakili Kepala Seksi Pembangunan Strategis menyampaikan Perjanjian Kerjasama ini harus segera dilengkapi dengan dokumen RPP dan RKT. Selain itu berdasarkan arahan Direktur Jenderal KSDAE, perlu dilakukan pembanguan yang ramah lingkungan dan ramah satwa. Saat ini Taman Nasional Gunung Rinjani menjadi perhatian dunia internasional dengan predikat Cagar Biosfer dan Geopark dunia.
  6. Kepala balai pelaksana jalan IX Mataram menyampaikan terimakasih pada semua pihak yang telah membantu hingga terwujudnya PKS ini. PKS ini sangat penting untuk pelaksanaan peningkatan kualitas jalan yang kondisinya saat ini rusak di beberapa lokasi dan memastikan akses yang baik untuk kegiatan Wisata.

 

 

                                                                                                                                                Mataram,  22 Juli 2019

                                                                                                                                                Kepala Balai TN Gunung Rinjani

 

                                                                                                                                                                  ttd

 

                                                                                                                                                        Ir. Sudiyono, M.Si


Informasi Terkait
  • Kebakaran di Kawasan Hutan Savana Propok Gunung Rinjani
  • Aplikasi ERINJANI Dan Upaya Atasi Overtourism Di Gunung Rinjani
  • Kebakaran Hutan di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani
  • Standar Operasional Prosedur Pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani
  • Jalur Pendakian Gunung Rinjani Resmi Di Buka Kembali