Selasa, 09 Juli 2019 - 08:43:14 WIB
Kebakaran di Kawasan Hutan Savana Propok Gunung Rinjani
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kebakaran - Dibaca: 128 kali

Telah terjadi kebakaran hutan yang berlokasi di kawasan hutan Savana Propok, pada koordinat 116o 30’ 38.3” BT dan 08o 26’ 6.2”. Balai TN Gunung Rinjani menerima laporan adanya hot spot dari masyarakat pada Pada Hari Minggu tanggal 7 Juli 2019 sekitar pukul 13.17 WITA. Selanjutnya Kepala Seksi Pengelolaan Wilayah II memerintahkan Kepala Resort Aikmel dan Resort Sembalun untuk melakukan pengecekan dan pemadaman kebakaran hutan dengan melibtkan masyarakat.

Tim Pemadaman kebakaran hutan berangkat menuju lokasi kebakaran hutan pada pukul 13.30 WITA. Tim dari Resort Sembalun sejumlah 9 orang terdiri dari  Pegwai dan PHL, Resort Aikmel sejumlah 12 orang terdiri dari Pegawai dan PHL sebanyak 2 orang, Masyarakat (MMP, Pokdarling dan Pokdarwis) 10 orang. Sekitar pukul 18.30 WITA. dua titik api yang mengarah ke Propok dan Pusuk Sembalun dapat di kendalikan, namun beberapa titik api yang mengarah Gunung Kondo tidak dapat di kendalikan karena medan yang curam. Pukul 19.00 WITA atas pertimbangan keselamatan, tim memutuskan untuk kembali dan melakukan pemantauan jarak jauh.

Penyebab kebakaran  masih dalam proses penyelidikan dan kebakaran hutan ini tidak mengganggu aktifitas pendakian. Vegetasi yg terbakar yaitu rumput, alang, semak dan perdu dan tidak ada laporan adanya korban jiwa. Perkiraan luasan kawasan hutan yang terbakar sekitar ± 115 Ha. Kondisi terakhir Hingga saat siaran pers ini diterbitkan Hotspot/titik api masih terpantau di beberapa titik dan tim masih melakukan pemantauan jarak jauh dari Sembalun dan Pesugulan.

Apabila membutuhkan informasi dan data kondisi kawasan TNGR dan proses pemadaman kebakaran hutan dapat menghubungi kami melalui Call Centre Balai Taman Nasional Gunung Rinjani dengan nomor 0811283939 atau media sosial di twitter:@tnrinjani, instagram: gunungrinjani_nationalpark, Facebook: Taman Nasional Gunung Rinjani, dan website: tngr.menlhk.go.id.

 


Informasi Terkait
  • Aplikasi ERINJANI Dan Upaya Atasi Overtourism Di Gunung Rinjani
  • Kebakaran Hutan di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani
  • Standar Operasional Prosedur Pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani
  • Jalur Pendakian Gunung Rinjani Resmi Di Buka Kembali
  • Balai TN Gunung Rinjani Resmikan Penangkaran Rusa Pada Peringatan Hari Bumi 2019