Selasa, 05 Maret 2019 - 17:43:26 WIB
BTNGR Mengadakan Aksi Bersih Sampah Pada Hari Peduli Sampah Nasional 2019
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 396 kali

Dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019. Hari Senin, 4 Maret 2019 Balai Taman Nasional Gunung Rinjani mengadakan aksi bersih sampah bertempat di Pemandian Otak Kokoq Joben dan Tempat Wisata Air Panas Sebau. Kegiatan peringatan HPSN di Kawasan wisata pemandian Otak Kokoq Joben melibatkan sekitar 300 peserta yang terdiri dari Pegawai TNGR, undangan Dinas Instansi terkait, Pramuka Sakawanabkti, MMP/Kader Konservasi, Siswa Sekolah sekitar Kawasan hutan dan pihak terkait lainnya.

Adapun pelaksanaan kegiatan tersebut dimulai dengan memungut sampah di areal wisata Joben dimana peserta di bagi dalam beberapa tim, masing-masing tim terdiri  3 orang dengan membawa 1 trashbag. Total sampah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 187 kg. Kegiatan dilanjutkan dengan demo membuat pupuk kompos dari sampah organic wisata di area jualan pedagang dengan mengumpulkan sampah organic yang di proses untuk menjadi pupuk kompos.

Kegiatan selanjutnya membuat papan informasi sebanyak 14 buah dari limbah kayu dengan melibatkan peserta kegiatan, papan informasi berfungsi untuk menyadarkan pentingnya menjaga kebersihan sampah. Kegiatan terakhir dengan mengadopsi kadaka / paku sarang burung / Asplenium nidu sebanyak 150 buah    

Dilokasi kedua dimana kegiatan peringatan HPSN dilaksanakan di TWA Sebau dihadiri oleh 45 orang peserta yang terdiri dari petugas tngr, mmp, pokdarwis, dan pokdarling dari desa Bebidas dan Sapit serta masyarakat Jurang Koak menggunakan trashbag. Adapun kegiatannya yaitu mengumpulkan sampah diareal parkiran pintu masuk Sebau, sepanjang jalur menuju Sebau, dan sekitar kolam pemandian air panas Sebau, sampah yg terkumpul 7 trash bag sekitar 70kg berupa sampah kaca sedangkan sampah kain dan plastik dibakar. Adapun kayu tumbang yang menghalangi jalur menuju Sebau ada 2 pohon yg belum dipotong,serta sekitar pemandian air yg ditambahi rumput yg sudah tinggi perlu dibersihkan menggunakan parang atau mesin rumput.


Informasi Terkait
  • Langkah Maju Pengelolaan Otak Kokok Joben
  • Sosialisasi IUPJWA, Penerapan Tarif Masuk Kawasan TN Gunung Rinjani
  • Rapat persiapan kegiatan Workshop penyusunan SRAK Elang Flores ( Nisaetus floris ) di NTB
  • Rapat Koordinasi Event Rinjani 100
  • Jalur Pendakian Gunung Rinjani Kembali Ditutup