Kamis, 13 September 2018 - 10:11:45 WIB
Pendakian Gunung Rinjani di Tutup Hingga Kondisi Stabil
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pendakian - Dibaca: 397 kali

Pendakian Gunung Rinjani masih ditutup pasca gempa yang melanda Lombok bulan Agustus 2018. Efek gempa masih berlanjut hingga saat ini walau dengan intensitas rendah dan semakin melemah, Seperti yang diberitakan sebelumnya pulau Lombok di landa gempa beberapa kali dengan kekuatan terbesar 7.0 magnitudo.  Dampak gempa yang melanda Lombok menyebabkan beberapa kerusakan secara umum di kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Lombok Timur termasuk sarana dan prasarana kawasan Gunung Rinjani seperti kantor Seksi Pengelolaan Wilayah I di Kayangan, Resort Senaru dan Sembalun dan beberapa bangunan lain termasuk bangunan kantor Balai Taman Nasional Gunung Rinjani di Mataram yang mengalami beberapa keretakan pada dindingnya.

Pulau Lombok yang diapit Patahan Flores dan Subduksi Lempeng Australia menjadi daerah yang rawan terkena gempa jika terjadi pergeseran pada patahan dan lempeng tersebut seperti gempa yang terjadi pada bulan Agustus kemarin, efek dari gempa yang masih berlanjut hingga kini menyebabkan pendakian ke Gunung Rinjani ditutup demi keamanan pendaki. Hal ini dikarenakan tidak adanya jaminan keamanan untuk para pendaki dan belum adanya penelitian yang dapat memastikan efek gempa aman untuk para pendaki jika jalur pendakian di buka.

Kondisi kawasan Gunung Rinjani yang belum stabil membuat Balai Taman Nasional Gunung Rinjani mengambil beberapa tindakan yaitu menunggu sampai kondisi tanah menjadi stabil, setelah selesai musim hujan baru dilakukan pengkajian. berdasarkan kajian tersebut baru akan ditentukan pembukaan untuk jalur pendakian. Selain itu akan dilakukan perbaikan pada sarana dan prasarana pendukung yang banyak mengalami kerusakan diakibatkan gempa dan sambil menunggu kondisi wisata pendakian stabil akan dilakukan beberapa kajian wisata alternatif.   


Informasi Terkait
  • Morel, Jamur Termahal di Dunia Ini ada di Rinjani
  • Penyerahan Bantuan Logistik Dan Peralatan Pengungsi Gempa Lombok
  • TNGR Mendistribusikan Bantuan Untuk Korban Gempa Bumi di Lombok
  • Tujuh Pengunjung Terakhir di Evakuasi dari Gunung Rinjani
  • Jenazah Korban Gempa di Dalam Kawasan Gunung Rinjani Berhasil Dievakuasi