Jumat, 17 Agustus 2018 - 22:08:56 WIB
Penyerahan Bantuan Logistik Dan Peralatan Pengungsi Gempa Lombok
Diposting oleh : Administrator
Kategori: GempaLombok - Dibaca: 238 kali

SIARAN PERS

PENYERAHAN BANTUAN LOGISTIK DAN PERALATAN

PENGUNGSI GEMPA LOMBOK

YANG DIKOORDINIR OLEH BALAI TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI

Nomor : PG.1370 /T.39/TU/HMS/8/2018

 

  1. Pada tanggal 29 Juli 2018 telah terjadi gempa bumi dengan magnitude 6,4 SR dan kedalaman 10 km. Selanjutnya, pada tanggal 5 Agustus 2018 pukul 19.45 WITA terjadi gempa bumi susulan. Berdasarkan informasi dari BMKG pusat gempa bumi berada di wilayah Lombok Utara dengan magnitude sebesar 7 SR pada kedalaman 15 km. Kemudian pada tanggal 9 Agustus 2018 terjadi kembali gempa bumi dengan magnitude 6.2 SR.
  2. Rangkaian ketiga gempa bumi ini menimbulkan kerusakan berat pada bangunan dan infrastruktur sehingga kegiatan pendakian maupun perkantoran tidak dapat dilakukan. Balai Taman Nasional Gunung Rinjani bekerja sama dengan berbagai pihak telah berhasil mengevakuasi 1.226 pendaki yang terdiri dari WNA 696 orang dan WNI 530 orang.
  3. Satu orang WNI meninggal dunia akibar terkena longsoran di KM 10 jalur pendakian Sembalun a.n Moch. Ainul Taksim umur 26 tahun berasal dari Makassar. Jenasah telah diserahkan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK) yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal kepada pihak keluarga.
  4. Berdasarkan data yang telah dihimpun, terdapat 69 petugas yang terdiri dari PNS, PHL, dan MMP yang mengalami kerusakan tempat tinggal dan menjadi korban luka-luka.
  5. Balai Taman Nasional Gunung Rinjani menggelar aksi penggalangan dana dan bantuan fisik untuk membantu korban gempa yang dimulai sejak tanggal 7 Agustus 2018 dan mendirikan 2 posko utama yakni Posko Balai TN Gunung Rinjani dan Posko Seksi Pengelolaan Wilayah II Lombok Timur.
  6. Donasi yang masuk ke rekening posko penggalangan dana Balai Taman Nasional Gunung Rinjani sampai dengan 13 Agustus 2018 adalah sebesar Rp 110.117.981 (Seratus Sepuluh Juta Seratus Tujuh Belas Ribu Sembilan Ratus Delapan Puluh Satu Rupiah) dari 113 donatur yang berasal dari individu, LSM, maupun Instansi Pemerintah. Donasi yang telah disalurkan sebesar Rp 74.824.251 (Tujuh Puluh Empat Juta Delapan Ratus Dua Puluh Empat Ribu Dua Ratus Lima Puluh Satu Rupiah) melalui pembelian paket sembako dan barang fisik lainnya. Paket tersebut diserahkan secara langsung kepada masyarakat yang berada di posko pengungsian maupun posko medis. Sisa donasi yang belum terpakai sebesar Rp35.293.730 (Tiga Puluh Lima Juta Dua Ratus Sembilan Puluh Tiga Ribu Tujuh Ratus Tiga Puluh Rupiah) dan akan terus disalurkan oleh Balai Taman Nasional Gunung Rinjani kepada korban gempa bumi.
  7. Bantuan yang diberikan berbentuk paket sembako yang terdiri dari dus air mineral kemasan, dus mie instan, bungkus biskuit, susu, kopi, gula, minyak goreng, beras, telur dan nasi bungkus sedangkan barang lainnya berupa terpal, tikar, selimut, pakaian layak pakai, sarung, perlengkapan bayi, selang air, BBM, dan peralatan kesehatan.  Jumlah bantuan yang telah diserahkan kepada korban gempa sebanyak 95 paket yang tersebar di 71 posko pengungsian (56 posko di Kab. Lombok Utara, 4 posko di Kab. Lombok Barat, 5 posko di Kab. Lombok Tengah, dan 6 posko di Kab. Lombok Timur) serta 1 posko medis.
  8. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah memberikan donasi sebesar Rp100.000.000 (Seratus Juta Rupiah) melalui rekening penggalangan dana Balai Taman Nasional Gunung Rinjani dan disalurkan langsung ke Posko BPBD Provinsi NTB. Secara keseluruhan, donasi yang dikelola oleh Balai Taman Nasional Gunung Rinjani yang berasal dari mitra TN Gunung Rinjani dan Ibu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan berjumlah Rp 210.117.981 (Dua Ratus Sepuluh Juta Seratus Tujuh Belas Ribu Sembilan Ratus Delapan Puluh Satu Rupiah).
  9. Balai Taman Nasional Gunung Rinjani menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah memberikan donasi dan bantuan fisik dalam rangka membantu korban bencana gempa bumi Lombok.
  10. Upaya penggalangan donasi dan bantuan korban gempa bumi Lombok masih akan dilakukan oleh Balai Taman Nasional Gunung Rinjani sampai batas waktu tanggap darurat bencana alam gempa bumi Lombok yang telah ditetapkan oleh Gubernur Provinsi NTB yaitu tanggal 25 Agustus 2018 dan kami akan tetap melakukan koordinasi dengan posko utama penanggulangan gempa bumi. Apabila membutuhkan informasi terkait penggalangan donasi korban gempa Lombok yang dikoordinir oleh Balai Taman Nasional Gunung Rinjani serta penyaluran bantuannya dapat menghubungi Call Centre Balai Taman Nasional Gunung Rinjani dengan nomor 0811283939 atau melalui media sosial kami di twitter:@tnrinjani, instagram: gunungrinjani_nationalpark, Facebook: Taman Nasional Gunung Rinjani, dan website: tngr.menlhk.go.id.

 

Mataram,  15 Agustus 2018

Kepala Balai TN Gunung Rinjani

TTD

Ir. Sudiyono, M.Si


Informasi Terkait
  • TNGR Mendistribusikan Bantuan Untuk Korban Gempa Bumi di Lombok
  • Tujuh Pengunjung Terakhir di Evakuasi dari Gunung Rinjani
  • Jenazah Korban Gempa di Dalam Kawasan Gunung Rinjani Berhasil Dievakuasi
  • Tim Gabungan Evakuasi Bergerak Menyelamatkan Para Pendaki Gunung Rinjani
  • BTNGR Melakukan Kampanye Siaga Kebakaran Hutan